Elemen-elemen Penting On-Page SEO yang perlu Dimaksimalkan

5/5 - (1 vote)

Untuk mendapatkan ranking yang baik di search engine (terutama google) sebenarnya bukan hal yang sulit dan bukan juga hal yang mudah (Nggak bisa dipersenkan). Intinya Anda harus tau cara memaksimalkan website dari mulai menggunakan teknik On-Page SEO sampai dengan Off-Page SEO. Coba deh lihat beberapa pemateri di youtube atau blog yang membahas tentang Elemen-elemen Penting On-Page SEO yang perlu dimaksimalkan. Isinya nggak jauh berbeda dari apa yang akan saya bahas pada artikel ini.

Elemen-elemen Penting On-Page SEO yang perlu dimaksimalkan

Ada beberapa elemen SEO yang harus anda ketahui. Ada 3 Elemen Penting, antara lain : Keyword Research , SEO Friendly, dan Backlicks . Anda bisa cari tahu istilah-istilah berikut di google.

Disclaimer: Saya disini sifatnya berbagi saja. Karena sebenarnya saya sendiri bukan SEO Expert atau orang yang faham mendalam tentang Teknik SEO. Saya cuma berbagi pengalaman dari beberapa banyak kasus optimasi SEO pada website yang saya tangani.

1.Kata Kunci (Keywords)

Keyword adalah Frase atau rangkaian kata yang di ketikkan oleh seseorang di kolom mesin pencari. Dan mendapatkan hasil pencarian dari ketikkan itu. Nah, itulah yang harus dicari tahu. Keyword apa yang ideal untuk ditargetkan di mesin pencari. Anda bisa research dengan beberapa tools berikut:

Sebenarnya Teknik detailnya panjang sih, cuma yang terpenting itu pastikan keyword yang ditargetkan ada di SERP Google. untuk cara mudah tanpa tools, bisa menggunakan googlenya langsung. lihat gambar di bawah ini. Saya Mengetikkan Singkat “kenapa isp terblok“.

Perhatikan Keyword yang diketikkan dan Perhatikan hasil dari Pencarian yang ditampilkan. Dari banyak judul artikel pada beberapa website diatas, bisa kita kolaborasikan menjadi judul artikel yang unik. contohnya: “Alasan Kenapa IP ISP Terblok dan Cara Mengatasinya” dan anda sudah punya judul artikel yang unik. Pastikan judul artikel anda nggak sama dengan judul artikel kompetitor ya.

Read More  Cara Mudah Agar Artikel Bisa Terindex di Google [ Trik Jitu ]

Cara ini sudah saya praktikkan di beberapa halaman website klien. Dengan Keyword unik dan Kompetitor yang rendah, cara ini berhasil saya aplikasikan dan sampai sekarang websitenya masih berada di halaman #1 Google. Tapi, Jika cara ini artikel pada website anda belum berhasil tampil di SERP, yuk kita bahas dengan cara yang kedua.

2. SEO Friendly

Teknik Penulisan SEO Friendly membantu artikel terindeks di SERP. Simplenya, menulis dengan menggunakan keyword yang akan ditargetkan. Artikel yang saya buat ini membahas tentang on-page SEO. maka saya harus banyak menggunakan keyword yang berisi tentang “SEO” dan hal yang berkaitan dengannya.

Saran: Pastikan Jumlah maksimum keyword pada artikel rata-rata 2%-3% saja ya. Karena kalau kebanyakan, yang ada pembaca jadi nggak nyaman berlama-lama membaca artikel anda karena kebanyakan pengulangan.

Keuntungan dari menerapkan Artikel SEO Friendly apa? Ya Halaman Website anda akan banyak diklik dan menaikkan jumlah pengunjung yang berimbas kepada naikkanya angka pembelian dan meningkatkan kredibilitas website itu sendiri.

Bagaiamana teknis pembuatan Artikel SEO Friendly? Yuk kita bahas pelan-pelan 😀

Penempatan Keywords

Mudahnya begini. Dengan menempatkan keyword target dibagian tertentu pada artikel, artinya memudahkan google untuk merayapi sebuath artikel yang relevan atau tidaknya. Coba cek beberapa bagian di dalam artikel yang perlu di tambahkan kata kunci. Dengan cara memastikan kalau kata kunci ada di beberapa tempat berikut ini.

  • Tag/Judul halaman Artikel
  • Meta Description
  • Awal Paragraf artikel
  • Semantic URLS
  • Sistem Navigasi
  • H1,H2,H3 tags
  • Gambar
  • Internal links

Membuat Konten yang Berkualitas

Coba kita lihat, kebanyakan website yang muncul di Pencarian Google adalah Halaman Website yang berkualitas dan dengan topik pembahasan terkini dan juga menarik. selain itu artikel yang dibuat juga lebih detail.

Jadi saran saya, buatlah artikel original (Bukan copy paste / Artikel Spin). Biasanya panjang artikel ideal itu diatas 1000 kata. tapi kalau nggak sanggup, bisa buat maksimal 150-500 kata aja.

Kalau nggak ngerti cara buat artikel, bisa pesan Jasa Penulisan Artikel di beberapa situs freelance berikut:

Read More  Download Tools Simple Backlink Indexer

Buka Kolom Komentar (Moderation)

Tau nggak, kalau interaksi pada kolom komentar yang terletak di bawah artikel mampu membuat halaman website yang ditargetkan mudah terindeks di google. saya ngga tau teori pastinya, tapi yang jelas saya lihat dari beberapa website yang aktif berinteraksi dengan pembaca di kolom kementar.

Websitenya mudah ditemukan di SERP. contoh lainnya adalah website forum seperti kaskus, diskusiwebhosting dll.

Catatan: Buat settingan anti spam pada komentar website, agar website tidak penuh dengan spam comment.

Menambahkan Outbound Links

Teknik Outbound Link adalah salah satu Strategi SEO ayng Menautkan Link Website Kita dengan Website yang lain. Alasan perlu adanya tautan ke halaman website lain adalah untuk memperkuat fakta dan data keakuratan artikel yang kita buat. Jadi bisa dipastikan artikel yang kita buat itu benar dan sesuai dengan kondisi aslinya.

Jika anda menggunakan WordPress Self Hosting, maka anda pasti familiar dengan plugin Yoast. karena plugin ini membagi 2 kategori links.

  • Followed Link yakni Jenis Outbound Link yang memungkinkan search engine mengikuti link yang dikaitkan.
  • NoFollowed Link yang Jenis Outbound Link yang dianggap tidak terindeks di search engine.

Selain Outbound Link (Memberikan link ke website lain), ada juga istilah lainnya yakni Inbound Link atau lebih dikenal dengan istilah Backlink. Keduanya sangat penting untuk meningkatkan kualitas SEO pada Website.

Kesimpulan: Untuk Memaksimalkan On-Page SEO pada artikel yang kita buat, jangan lupa untuk selalu menerapkan outbound links (link ke website lain) dan internal link (link ke halaman website sendiri).

Kecepatan Loading Website

Dikutip dari Situs https://neilpatel.com/, Menurut Neil Patel (Pemilik Website neilpatel.com), 89% pengguna search engine rata-rata tidak akan kembali ke website yang memiliki loading lambat saat pertama kali membukanya.

Jadi, sebegitu berpengaruhkah Kecepatan Website pada SEO? Jelaslah. Pengunjung website itu lebih suka dengan website yang cepat. Karena akan berpengaruh dengan Conversion Rate.

Jika website telat 1 detik maka akan mengurangi konversi sebesar 7% yang akibatnya akan meningkatkan Bounce Rate.

Apalagi kalau lambatnya 2-3 detik. Maka website akan mendapatkan reputasi buruk. Untuk Mengukur Kecepatan Website, Bisa kunjungi Beberapa link berikut ini.

Read More  6+ Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Kalau anda pengguna blogger, maka saya sarankan untuk memilih template yang SEO Friendly dan Cepat saat diakses. Rata-rata template bawaan blogger good semua sih. ini hasilnya.

Nama Templatenya Notable Versi Light. atau jika anda suka dengan tampilan website yang lain bisa juga coba template blogger buatan indonesia (Cari di google sendiri ya).

Sedangkan Untuk Pengguna WordPress, bisa menggunakan beberapa rekomendasi Template yang ringan dan SEO Friendly dari wp-id.org di bawah ini.

Manfaatkan Sosial Media

Dikutip dari Laporan Digital 2023 April Global Statshot Report terbaru dari DataReportal bahwa terdapat 4,80 miliar pengguna media sosial aktif pada tahun 2023, yang hampir mendekati 60% dari total populasi dunia.

Interaksi pengguna seperti like, comment, dan share artikel terbukti mampu meningkatkan SEO pada website. selain mendapatkan Link Nofollow juga meningkatkan views dan Visitor.

Join Forum dan Komunitas

Banyaknya Forum dan Komunitas online saat ini, membuka peluang untuk berbagi ke sesama rekan blogger. Dengan saling merekomendasikan. hal ini juga membantu anda untuk mendapatkan banyak Backlinks (Inbound Link) dari website rekanan anda.

Dengan banyaknya backlink yang berkualitas, maka website anda berpeluang besar mudah ditemukan di SERP. Beberapa web komunitas dan forum yang bisa anda coba seperti: forum.detik.com, kompasiana.com, ads.id, diskusiwebhosting.com dll.

Links dari Web 2.0

Web 2.0 (dibaca Web-Two-poin-o) atau lebih dikenal dengan Generasi kedua World Wide Web (WWW). Istilah Web 2.0 pertama diciptakan oleh Darcy DiNucci dan dipopulerkan oleh Tim O’Reilly dan Dale Dougherty pada konferensi O’Reilly Media Web 2.0 pada akhir tahun 2004.

Web 2.0 Memiliki nilau plus untuk meningkatkan Halaman Website di search engine. berikut ini adalah beberapa contoh Web 2.0 :

  • WordPress.com
  • Tumblr.com
  • Blogger.com
  • Jimdo.com
  • Livejournal.com
  • Wix.com
  • Weebly.com
  • Blogspot.com
  • Devianart.com
  • Goodreads.com
  • Wikispaces
  • Zoho

Itulah Sedikit Penjelasan tentang Elemen-elemen Penting On-Page SEO yang perlu dimaksimalkan. Sebenarnya masih banyak lagi yang berkaitan dengan Cara Meningkatkan SEO pada Website.

Tapi akan saya pisah pembahasannya di artikel yang berbeda. Semoga Artikel ini bermanfaat. Jika ada yang Belum mengerti cara praktiknya, bisa langsung tanyakan di kolom komentar.

1 thought on “Elemen-elemen Penting On-Page SEO yang perlu Dimaksimalkan”

Leave a Comment